Sinkronisasi Kesehatan dan Ekonomi di Samosir

sinkronisasi kesehatan dan ekonomi

topmetro.news – Saat ini pemerintah sedang melakukan sinkronisasi kesehatan dan ekonomi dalam normal baru yang sedang dijalani sekarang. Demikian disampaikan Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakkara, Senin (20/7/2020).

“Namun, keberhasilan sinkronisasi ini bergantung pada seberapa efektifnya dan disiplinnya masyarakat melakukan protokol kesehatan dan pedoman normal yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir,” katanya.

Dari sisi kesehatan, GTPP Covid-19 Samosir tetap melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19 di pintu-pintu masuk Samosir. Baik jalur darat dan danau. Lalu ada disinfektanisasi ruang-ruang publik, sosialisasi normal baru. Kemudian, penyiapan fasilitas kesehatan (Alat Pelindung Diri) dan jaring pengaman sosial (tunai dan natura).

Sisi Ekonomi

Dari sisi ekonomi, GTPP Covid-19 Samosir melalui Surat Edaran Bupati Samosir No. 8 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Corona Virus Disease (Covid-19) Bidang Penyelenggaraan Kegiatan Pariwisata Lainnya, Olah Raga, Kepemudaan dan Sosial Budaya, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Tradisional, Transportasi Publik, Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Pendidikan dan Sekolah, Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pelayanan Perizinan di Kabupaten Samosir menggerakkan roda perekonomian berbasis protokol kesehatan.

“Dengan kehati-hatian, GTPP Covid-19 Samosir tetap melakukan evaluasi berjalan dan melakukan tindakan preventif bilamana penyebaran belum terkendali,” katanya.

GTPP Covid-19 Samosir, kata Rohani, tetap mengimbau masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan. Di antaranya, tetap pakai masker, sering cuci tangan dengan sabun di air mengalir dan/atau hand sanitizer, jaga jarak. Sehingga sinkronisasi kesehatan dan ekonomi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Samosir dari sisi pendapatan dan pengeluaran.

“Jika ini dapat dilakukan, maka pertumbuhan ekonomi yang menurun akibat dampak penyebaran Covid-19 di Nusantara akan dapat ditingkatkan secara berangsur-angsur. Oleh karena itu, mari lakukan protokol kesehatan dan pedoman normal baru secara konsisten, disiplin, dan kewaspadaan ketika beraktivitas di luar rumah,” katanya.

Info Covid-19

Sementara itu, informasi Covid-19, Senin (20/7), untuk nasional, konfirmasi 1.693 orang 88.214 orang (Asimptomatik/Simptomatik). Sembuh 1.576 orang (46.977), meninggal dunia 96 orang (4.239). Untuk Provinsi Sumatera Utara, suspek 329 orang, konfirmasi 2.952 orang (Asimptomatik/Simptomatik), sembuh 768 orang, meninggal dunia 150 orang, spesimen diuji 17.701 sampel, cara: tracing secara agresif.

Khusus di Kabupaten Samosir, suspek nihil, konfirmasi 1 orang, sembuh nihil, dan meninggal dunia nihil.

sumber | Kominfo Samosir

Related posts

Leave a Comment